Senin, 31 Oktober 2016

Mungkinkah



Mungkinkah terabaikan
Pesan sebelum perpisahan
Tiada kata dalam ketegasan
Sketsa sembunyi, antara kenangan dan harapan

Kekasih hati



Bulan diam termangu
Cerahnya tersaput awan kelabu

Untuk sebilah pisah



Kita punya mimpi
Diantara asa dalam hati
Iringi doa terpatri

Tamu Asing



Kisah ini ada dalam beberapa kitab, saya tulis ulang dari penjelasan para asatidz di majelis ilmu. Semoga bermanfaat.  

Kandungan syahadat



Sebagai muslim, berapa kali sudah kita ucap kalimat syahadat?

Kadang



Kadang
Aku lelah mencari posisi
Tapi hati tak jua mengerti
Mengapa begini?

Hanya





Aku
Hanya ingin menjagamu dari tipuan perasaan
Hanya sekedar melukis pijar yang berpendar
Hanya ingin persahabatan ini tetap tegar
Meski yang lain terlempar

Pergilah



Wahai masa yang yang telah selesai dan berlalu
Tenggelamlah seperti mataharimu
Aku tak akan pernah menangisi kepergianmu

Biarkan aku pergi



Di satu titik persimpangan
Aku lelah menanti, agar ia kembali
Menjadi sahabat hati

Gejolak





Riak dalam bisu perasaan
Sejenak melepas gejolak yang terpendam
Menerangkan makna terdalam
Mengikis khawatir dalam kerinduan
Tak pernah ingin berakhir.........

Menanti





Kalau saja kau tau

Minggu, 30 Oktober 2016

Mengalir




“Kak, tulisanmu itu masih kebanyakan ‘pengakuan’. Karakternya kurang kuat. Gregetnya kurang dapet. Nulis yang bener napa!” Suara adikku di seberang telepon membuat telingaku sontak berdiri.

Aku?





Hei, kamu yang disitu!

Tak tahu jalan Pulang



Parah!

Bunga dan riba (1)





Walaupun bank syariah di Indonesia sudah berdiri lebih dari dua dekade, saya masih sering mendengar pertanyaan, “kenapa sih bunga bank itu haram? Emang bunga bank sama dengan riba? Apanya yang sama sih? Perasaan beda deh...”. sering, berarti tidak hanya sekali atau dua kali. Tapi berkali kali.

Rabu, 26 Oktober 2016

Memeluk Mimpi



Mimpi indah, adalah ketika kita merasakan bayangan nyata yang terasa sangat menyenangkan. Adakalanya bayangan itu benar-benar ada, meski tak jarang hanya ilusi semata. Dan pagi ini, mimpi indah itu terasa kian nyata.

Selasa, 25 Oktober 2016

Antara Ngantuk dan Jatah Tidur






Merasa ngantuk dan ingin tidur sebenarnya anugerah. Karena ada orang lain yang kesulitan untuk memulai tidur, akibat kebiasaan, kondisi kesehatan yang kurang fit, atau masalah lain yang sangat mungkin membuat seseorang merasa sulit tidur.

Jumat, 14 Oktober 2016

Kirab Pedagang Pasar Tradisional





Kamis, 13 Oktober 2016 kemarin acara kirab pedagang dilaksanakan di Pasar Bringharjo. Para peserta  kirab (arak-arakan) berkumpul di sebelah pasar Bringharjo sekitar waktu dhuhur. Apa tujuan kirab ini? 

Syar’i? Harus dong, tapi....





Buat mbak-mbak yang kemarin kebetulan berhenti tepat di depanku saat lampu menyala merah, maafkan aku karena tak tau namamu. Tapi apa yang kau dan aku lakukan semoga menjadi pelajaran bagi siapa saja yang sempat membaca tulisan ini. 

Selasa, 11 Oktober 2016

Anakku Harus Jadi Apa?



Foto ambil dari google

“Ihh, lucunya... anak siapa ini?” Yani begitu excited melihat foto Amira menggendong seorang bayi. Kebiasaan Yani, mengubek-ubek galery foto di HP sahabatnya tanpa permisi. Memang mereka sudah bersahabat sejak SMA, sampai sekarang masih sering berjumpa setiap kali Amira libur dan pulang ke rumah orang tuanya di daerah Tempel, ujung utara kota Jogja yang istimewa.

Senin, 10 Oktober 2016

Kriteria Calon



“Mas, cepet  nikah sana” Ujar Mira pada Ucup, kakak kelasnya yang sudah hampir kepala tiga namun masih jomblo.

Minggu, 09 Oktober 2016

Hujan, tunggu!



Ingin kusampaikan pesan
Pada hitam yang menggantung di awan
Tentang kerinduan

Pulanglah



Sewindu berlalu, bahkan lebih banyak dari hari yang bisa diucapkan lewat kata
Jalan kita memang berbeda,
Pandangan tak lagi menuju arah yang sama

Kamis, 06 Oktober 2016

Mendefinisikan Perasaan



Pernahkah kau melihat bunga-bunga bermekaran di taman? Lalu disekitarnya puluhan bahkan ratusan kupu terbang disekitarnya. Dan kini, kau tahu.. tidak hanya ratusan, tapi ribuan kupu serasa terbang berkeliaran dalam perutku. Seru, geli, membuncahkan sesuatu yang membuat perasaanku melambung, tinggi, terbang, begitu jauh. Mungkin ribuan kupu itu menerbangkanku, oh, atau sekedar perasaanku saja?

Rabu, 05 Oktober 2016

Cinet, Green Canyon Ala Jombang





“Masih ada waktu kak, sekitar seratus menit. Gimana? Kita kemana enaknya?” Adik melirik arloji hitamnya. Aku masih diam, memikirkan rencana kemarin yang belum kesampaian. Hari in iselesai semua urusan di kota sekitar pukul sebelas, namun kami harus kembali sekitar jam 1 siang nanti.

Selasa, 04 Oktober 2016

Santriwati Ngetrend



Saat remaja sekarang sibuk ngomongin awkarin dengan segala tingkahnya yang menggemparkan dunia maya, atau sedang berfikir bagaimana caranya agar bisa terkenal mendadak seperti Anya Geraldine, Irma yang masih remaja memilih jalan berbeda.

Senin, 03 Oktober 2016

Jangan terlalu banyak tanya!




Kisah ini benar-benar terjadi, sehingga Allah menilainya pantas diabadikan dalam Al Quran yang mulia. Jika kita sebagai manusia biasa saja tidak suka menanggapi orang yang terlalu banyak bertanya, bagaimana dengan Allah, sang pemilik semesta?

Minggu, 02 Oktober 2016

Selamat Tahun baru Hijriyah 1438 H




 
Sumber: Google
Ironis sebenarnya, kita hidup di salah satu negeri muslim terbesar di dunia. Namun ketika tahun baru hijriyah tiba, tampak sepi-sepi saja.

Rumah Impian

Tak perlu besar, yang penting cukup untuk menampung keluarga inti dan tamu yang datang berkunjung. Entah itu saudara, sahabat, atau...