Minggu, 24 September 2017

Apa Kabar ODOP 4?




Pertanyaan itu sering kami dapat dari teman-teman di ODOP 1-3, mereka banyak sekali yang “kepo” soal adik angkatannya di komunitas ini. Mulai yang suka nanya, “Mbak, si A jadi masuk ODOP 4? SI B? Si itu??” sampai, “Mbak, kita boleh ngga maen ke ODOP 4?” sampai, “Nitip… ya di ODOP 4?” Lhah, emang barang dititipin?  Heheh. saking excited  atau penasaran dengan apa yang sedang terjadi di ODOP 4 saat ini.


Tidak seperti tiga angkatan sebelumnya, pendaftaran untuk masuk ODOP angkatan ke 4 ini membludak sejak awal info pembukaan di sebar. Alhasil, hanya dalam waktu tidak lebih dari 3 hari, pengisian formulir online harus ditutup. Kuota penuh.

Sssttt, sedikit bocoran saja ya, rencana awal panitia hanya mau menerima tdak lebih dari 50 member baru, yang nanti berdasarkan perkiraan mungkin akan “rontok” hingga tersisa setengahnya di akhir sesi. Kalau bisa sih, yang lulus dibatasi sebelas saja. Biar mirip “kesebelasan”. Kami sangat terkejut dan sedikit “kelabakan” saat melihat form yang masuk di hari pertama. Kemudian harus mempertimbangkan beberapa opsi sehingga inilah yang terjadi: dari kuota maksimal yang sudah penuh itu, kami berikan informasi lanjutan untuk membuat tulisan sebagai bukti keseriusan mengikuti program dalam komunitas ODOP 4.

Seleksi sederhana itu terbukti cukup efektif, lebih dari separuh pendaftar harus gugur di pintu pertama. Sekarang “hanya” tersisa sekitar 100 (lebih sedikit) member yang masuk Group ODOP 4 pekan pertama.

Harus ditegaskan bahwa ini baru pekan pertama, yang berarti akan ada pekan-pekan lanjutan dengan tantangan yang harus diselesaikan. Sangat mungkin nanti di pekan kedua, jumlah peserta sudah berkurang lagi. Hanya orang-orang yang kuat baik secara niat, tekad dan minat akan bertahan.

Di pekan pertama ini, setiap anggota sudah harus tergabung di tiga group: group utama ODP 4, share link dan kelompok bedah tulisan. Dua group pertama ini dihuni seluruh anggota. Satu untuk diskusi, kelas online dan tanya jawab tantangan, satu lagi khusus untuk share link hasil tulisan harian. Sedangkan group terakhir berfungsi untuk arena bedah tulisan. Nanti setiap hari tertentu sesuai jadwal, tulisan setiap anggota akan dibedah disana. Group kecil ini dibentuk agar lebih nyaman membahas tulisan setiap anggota.

Satu hal yang perlu di catat dalam perjalanan ODOP 4 yang baru akan dimulai besok pagi: tidak ada jadwal libur menulis selama 2 bulan 1 pekan kedepan. Tantangan pasti ada, dan sudah disiapkan. Selebihnya, tema bebas. Para anggota diperilakan menyesuaikan dengan gaya Bahasa dan bidang masing-masing.

Sibuk? Pasti. Sementara di dunia nyata kami juga ada kesibukan yag tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Apalagi saat ini peserta masih banyak. Sudah seperti ruang kuliah yang sesak oleh mahasiswa. Kami tidak bisa menjamin seluruh mahasiswa yang berada di kelas akan mendapat nilai A, karena itu sangat tergantung pada usaha dan kesungguhan masing-masing.

Jadi, apa kabar ODOP 4?

Alhamdulillah baik, dan semoga semakin baik ke depan.

Bagaimana dengan kalian?


Semoga tetap istiqomah menulis ya, selamat berkarya. ^_^

#OneDayOnePost

1 komentar:

  1. Kakak angkatan pada nanyain ya Kak? Hihi.
    Oya, itu 'dipersilakan' jadi 'diperilakan'. Hehehe 😂

    BalasHapus

Masa Depan RCO

Reading Challenge ODOP atau disingkat RCO saat ini sudah masuk angkatan ke-3. Aku sudah pernah ikut ketiganya. RCO pertama, zaman admin ...