Selasa, 19 September 2017

Selamat Datang di ODOP Batch 4





Hari ini Senin, tanggal 18 September 2017, adalah hari pertama kehadiran adik angkatan anggota komunitas One Day One Post Batch 4. Kami segenap panitia dan pengurus komunitas mengucapkan selamat datang bagi seluruh anggota baru, kakak, mas, mbak, bunda, bapak, adik, semuanya, silakan ambil posisi paling nyaman di “kos” ini ya.


Silakan menikmati sajian yang ada. Karena ini adalah komunitas kita bersama, maka baik atau buruknya tergantung kita yang ada di dalamnya. Jujur, bagi kami ini adalah sebuah moment bahagia menyambut anggota keluarga baru.

Kami menyebut “keluarga”, karena meski belum semua bersua di alam nyata, kami merasa dekat layaknya saudara. Kami berusaha menjalin persaudaraan berdasar sifat dan sikap yang baik, saling menjaga, menghargai, bercanda sesuai porsi.

Kami yang sudah menjadi bagian dari komunitas ini lebih dulu, mungkin pantas dianggap senior. Tapi sebenarnya tidak, secara keilmuan, kita tak jauh berbeda. Bahkan mungkin teman-teman ODOP Batch 4 sudah memiliki bekal ilmu yang jauh lebih banyak dan berharga dari apa yang pernah kami dapat disini. Maka, semoga kita bisa saling berbagi.

Tidak banyak yang bisa kami janjikan. Kami tidak bisa menjamin para anggota baru menjadi penulis professional, terkenal, lalu karyanya best seller, tidak. Kami juga tidak bisa menjanjikan teman-teman tidak akan menghadapi masalah ketika bergabung dengan komunitas ini. Bukan berarti komunitas ini berisi masalah, paling hanya ada tugas dan tantangan yang harus diselesaikan. Menjadi penulis adalah pilihan, yang hanya bisa diwujudkan dengan penuh kesungguhan. Mari teguhkan niat, bertahan demi masa depan, dan ikuti setiap proses dengan rasa nyaman. Semoga hasilnya nanti sesuai dengan yang diharapkan.

Kami tidak bisa menjanjikan lingkungan selalu menentramkan tanpa “penghuni” yang saling memberi rasa nyaman satu sama lain. Percayalah, masalah interaksi yang ada di dunia nyata, juga mungkin terjadi di dunia maya. Maka tugas kita bersama adalah saling menjaga rasa percaya, privasi sesama, dan tetaplah pada tujuan semula: menjadi penulis yang baik. Kewajiban kita adalah saling menghargai posisi diri satu sama lain. Maafkan dan lupakan jika terjadi kesalahan. Ketidakcocokan adalah hal lumrah yang bisa memicu rusaknya tanggung jawab sosial. Namun tetap dapat diantisipasi sekaligus diminimalisir agar semua pihak merasa nyaman.

Ada banyak proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang penulis yang baik. Diantara kita mungkin ada yang sudah emnempuh perjalanan lebih dulu, sehingga wajar jika meraih predikat “penulis” lebih cepat dibanding yang lain. Bagi yang prosesnya cepat, kami ucapkan selamat. Sedangkan bagi yang lain, jangan pernah berkecil hati karena kita hanya perlu terus berusaha agar tahu hasil akhirnya seperti apa.

Di luar sana, ada banyak komunitas lain yang bisa kita ikuti, tapi kenapa memilih di sini? Semoga bukan hanya karena gratis. Tapi lebih dari itu, semangat kita untuk berbagi dan memahami kehidupan lewat dunia literasi semoga menambah manfaat kehadiran kita di dunia ini dari hari ke hari.

Mungkin setiap orang bisa menulis. Entah menulis diary, status, atau sekedar daftar belanja. Tapi tidak semua orang bisa disebut penulis. Hanya mereka yang sungguh-sungguh berusaha merangkai kata dan merajut makna, menuangkannya dalam berbagai karya-lah yang akhirnya pantas menyandang predikat penulis.

Kami para PJ dan segenap pengurus Komunitas ODOP, mungkin hanya serpihan diantara mozaik kehidupan yang berusaha memberi warna di dunia literasi negeri ini. Tapi semoga serpihan demi serpihan yang terkumpul akhirnya dapat memberi warna sendiri yang mendominasi.

Selamat datang, kawan. Selamat berkarya, semoga hanya ada hari-hari indah saat kita bersama. Selamat mengasah pena, menarikan jemari diatas rangkaian huruf, semoga dengannya lahir tulisan-tulisan yang menggerakkan dunia dalam kebaikan. Dengan menulis, mari berbahagia.


#OneDayOnePost
#ODOP
#Batch4

10 komentar:

  1. terimakasih, semoga apa yg kita semua impikan menjadi nyata, dan semoga komunitas ODOP terus berjaya, memberi manfaat bagi semua πŸ˜€

    BalasHapus
  2. Terimakasih kak Sakifah. Terharu bacanyaa...

    BalasHapus
  3. Selamat datang dan selamat bergabung ya teman-teman. Semoga berkah. Aamiin :)

    Mbak Sakifah, postingannya bikin terharu :)

    BalasHapus
  4. Kasakiiii~

    MasyaAllah dewasanya dirimu. Semoga suatu saat nanti, Allah ijinkan kita semua bersua di dunia nyata.

    Aamiin Allahumma Aamiin.

    BalasHapus
  5. Kak Kifa ... πŸ’š❤πŸ’›

    Welcome keluarga ODOP batch 4 ... 😊 Semoga senang dan tambah berkahπŸ’ž

    BalasHapus
  6. Terima kasih mbak sakifah. Tulisannya keren

    BalasHapus
  7. Kak Kifaaahh....

    Terharuu masyaallah. PJ batch 4 keren! So wise masyaallah.

    Welcome home, Kawan-kawan baru. Mari bahagia sebagai saudara🍦🍦🍦🍦

    BalasHapus

Kaos ODOP

Hasil jadi kaos Kira-kira tiga atau empat bulan pasca Kopdar Akbar ODOP pertama, ada wacana ingin membuat kaos ODOP. Koordinatornya...