Minggu, 17 September 2017

Semua Itu Pilihan



Mungkin setiap orang pernah bingung dengan beberapa pilihan, termasuk kita. Mau mandi sekarang atau nanti, mau pulang sekarang atau besok, mau kemana saja hari ini, bahkan mau makan apa, semua adalah pilihan.


Tidak hanya masalah sepele, hal-hal besarpun penuh dengan pilihan. Misalnya, mau menikah dengan siapa, kapan, dimana, itu pilihan. Mau menjadi orang seperti apa, juga pilihan. Apalagi soal hidup ini akan diakhiri dengan cara seperti apa, itu juga pilihan.

Setiap langkah, tarikan nafas, bahkan detak keinginan kita penuh dengan pilihan. Setiap pilihan itu membawa konsekwensi masing-masing. Ada pilihan yang akan membawa kita pada hal-hal baik, demikian juga sebaliknya.

Bahkan ketika kita tidak memilih sekalipun, sebenarnya kita sedang memilih. Ya, memilih untuk tidak memilih, yang tentu memiliki konsekwensi tersendiri.

Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika bingung dengan berbagai pilihan?

Prioritas. Ya, kita harus memiliki skala prioritas, yang akan memilah dan memilih mana hal-hal penting dan kurang penting bagi kita. Dengan ukuran prioritas itulah kita bisa mendahulukan hal-hal yang penting, disusul dengan yang kurang penting, atau tidak penting sama sekali.

Jika ada beberapa pilihan yang masuk dalam daftar prioritas penting, kita tak perlu bingung harus melakukan apa. Ini adalah nasehat untuk diri sendiri, yang saat ini sedang bimbang dengan beberapa pilihan. Semuanya penting, perlu di prioritaskan, dan butuh keputusan cepat.

Rasa-rasanya, istikhoroh adalah langkah terbaik untuk mencari sebuah jawaban. Bersandar pada Sang pemilik kehidupan, adalah pilihan paling menentramkan. Entah apa yang akan terjadi di masa depan, yang penting, jalani apa yang ada di hadapan dengan sepenuh keyakinan.

Bukan, ini bukan soal pernikahan dan siapa jodoh pendamping kehidupan. Ini tentang…. Tempat berpijak untuk melanjutkan perjalanan. Terima kasih untuk membaca tulisanku hari ini. Meski mungkin belum berakhir dengan solusi, semoga paling tidak kita jadi tahu apa yang bisa kita laukan saat menghadapi pilihan-pilihan seperti ini.

Selamat berakhir pekan dan mhon bawa namaku dalam do’a-do’a terbaikmu.

Salam literasi

#OneDayOnePost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa Depan RCO

Reading Challenge ODOP atau disingkat RCO saat ini sudah masuk angkatan ke-3. Aku sudah pernah ikut ketiganya. RCO pertama, zaman admin ...