Selasa, 10 Oktober 2017

Resensi The Miracle Of Herbal


Judul Buku            : The Miracle of Herbs
Penulis                   : dr. Prapti Utami dan Desty Ervira Pspaningtyas, S. Gz
Penerbit : Agromeda Pustaka
Tahun Terbit        : 2013
Dimensi Buku      : 208 hlm, 19 x 24 cm.



Bagi siapapun yang lebih suka bahan alami daripada bahan kimia, menghindari efek samping obat, dan ingin tahu lebih banyak tentang khasiat tanaman obat, buku ini tepat sebagai jawaban. Sesungguhnya tidak seikit tanaman obat yang dengan mudah bisa kita jumpai pada bumbu dapur atau ilalang di sekitar rumah. Tapi tanpa ilmu, kita tidak tahu fungsi dan cara menggunakannya.

Ajaib, buku ini disusun untuk mengungkap keajaiban dalam tanaman herbal baik berdasarkan penelitian sebelumnya dan berbagai referensi. Keajaiban itu semakin bermanfaat setelah mengetahui bahwa manfaat tanaman obat ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit menyeramkan semacam diabetes melitus, jantung coroner, hipertensi, osteoporosis, kanker, liver, tyfus, disentri, hingga alergi.

Beberapa manfaat tanaman obat diantaranya adas untuk pereda batuk dan perut kembung, daun sukun untuk melawan kanker dan penjaga kesehatan jantung, daun sirsak untuk menumpas kanker, kayu manis untuk antidiabetes, cengkih untuk antibiotic alai, temulawak untuk mendongkrak nafsu makan dan sebagainya.

Beberapa jenis tanaman obat mungkin jarang kita jumpai di pekarangan rumah atau bumbu. Buku ini menyajikan galeri tanaman obat agar kita lebih mudah mengenali tanaman yang dibutuhkan. Kualitas kertas dan gambar yang berwarna menjadikan galeri tanaman obat sangat membantu menjelaskan jenis tanaman yang dimaksud, namun sayang karena galeri dikumpulkan maka ketika membuka bab tentang tanaman yang dimaksud harus membuka halaman khusus galeri untuk mengetahui bentuknya. Akan lebih baik jika dalam setiap halaman awal bab tanaman baru diberi foto tanaman yang dimaksud.

Buku ini bertambah istimewa karena di setiap bab pembahasan, selain berisi pembahasan jenis dan fungsi tanaman, juga diberikan beberapa resep penyajian obat. Bagaimana cara merebus dana pa saja yang perlu dicampurkan dalam ramuan, sangat membantu pembaca untuk mempraktekkan dan mengambil manfaat dari tanaman obat tersebut.

Tebal sebanyak 208 halaman tidak terasa banyak karena buku ini lebih layak diperlakukan seperti kamus yang perlu dibolak-balik sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jadi, berminat untuk memiliki buku ini? Selamat, anda sudah terprovokasi untuk hidup sehat dan menambah manfaat dari tanaman obat.


Sampai jumpa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Impian

Tak perlu besar, yang penting cukup untuk menampung keluarga inti dan tamu yang datang berkunjung. Entah itu saudara, sahabat, atau...