Senin, 23 April 2018

Apakah yang anda lakukan jika Facebook diblok di Indonesia?


Akhir-akhir ini, muncul berita yang menjadi viral dalam sekejap: facebook akan ditutup! Lihat, siapa yang panik jika  hal itu benar-benar terjadi? Pertama, adalah para pedagang online. Ya, soal rezeki memang sudah diaturNya. Tapi pedagang mana yang tidak panik ketika tahu akan kehilangan pangsa pasar? Mungkin para pedagang online sekarang harus menyuapkan rencana cadangan, jika Fb benar-benar ditutup di Indonesia, orang-orang sosialita akan pindah ke mana? Twitter, telegram, atau aplikasi lain?

Baik, itulah hal pertama jika FB benar-benar ditutup: cari alternatif aplikasi lain. Jangan menangis, mogok makan, apalagi pakai demo segala. Tenanglah, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kecenderungan umat manusia untuk bermedia sosial, terutama di Indonesia, hingga saat ini tidak terbendung dan menjadi trend paling bergengsi dalam  usia bumi yang semakin renta. Satu ditutup, buka yang baru, namanya juga usaha. Siapa tahu lebih banyak pangsa pasar terbuka di tempat yang baru nanti.

Lalu, siapa lagi yang perlu panik jika FB ditutup? Para stalker. Karena tak bisa lagi kita kepo sembarangan di beranda orang. Eh, tunggu. Kita? Bukan. Mereka saja, para stalker itu, pasti harus putar otak untuk mencari tahu apa yang harus dan bisa dilakukan jika sumber informasi selama ini ditutup? Tenang, ya. Masih ada IG, twitter, tango, bahkan WhatsApp. Ya, tanya aja langsung sama orangnya. Tak perlu stalking lagi, kan? Hehe


Pihak ketiga yang mungkin merasa kehilangan jika FB ditutup adalah: kita. Ya, aku dan kamu. Berapa banyak foto kenangan yang sudah di upload? Status curhat? Kata Mutiara dan motivasi, atau catatan hutang piutang juga ada? Wah, harus diselamatkan itu. Mulai sekarang, mungkin kita bisa pikirkan tempat migrasi yang tepat bagi data-data penting tersebut. Bisa pakai hardisk eksternal, flashdisk, atau memori google drive, cloud, atau anda punya alternative lain yang lebih baik? Ayo ceitakan disini. Teman-teman yang lain pasti juga siap menyimak dan ingin tahu apa yang anda siapkan untuk berjaga-jaga, jika media sosial paling ngehits itu benar-benar ditutup.

#OneDayOnePost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Terbaik

Edited by canva "Iya Ki, insya Allah kamu dapat yang terbaik."