Sabtu, 07 April 2018

Hal-hal yang bisa dilakukan saat menunggu


Orang bilang, pekerjaan paling membosankan adalah menunggu. Tapi bagiku, menunggu tak selalu begitu.
Adakalanya menunggu menjadi pekerjaan yang tak ternilai harganya. Kenapa? Karena di lain waktu, kita merasa lelah dengan banyaknya agenda yang harus dilakukan, pekerjaan dan tugas yang harus diselesaikan, atau kesibukan yang menyita begitu banyak waktu dan perhatian.

Bahkan seolah tak ada sisa waktu untuk diri sendiri. Saat itu, kita merasa, betapa menyenangkan seandainya ada waktu satu jam saja, bebas dari kewajiban apapun.
Bukankah ketika menunggu, kita juga bebas dari kewajiban apapun -selain menunggu-? Entah itu menunggu antrian, menunggu perjalanan, menunggu jemputan, atau menunggu jodoh? #eh, judulnya tetap menunggu. Sama saja, kan? Hehe

Percayalah, menunggu bisa jadi tetap terasa istimewa, jika kita bisa memanfaatkan dengan beberapa kesibukan berikut:

1. Daring
Membuka gawai bisa jadi satu cara paling praktis menghabiskan waktu. Membalas chat yang bertebaran di group maupun pesan pribadi, menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan?

2. Membaca
Kita bisa memanfaatkan waktu menunggu dengan membaca. Entah itu buku, ebook, atau berita online. Selain bermanfaat untuk menambah pengetahuan, kebiasaan baik ini sudah menjadi budaya di negara-negara maju. Kebiasaan membaca berhasil membangun bangsa dan negara menjadi bangsa yang cerdas. Kalau kita ingin mendukung bangsa ini menjadi bangsa yang maju, kebiasaan membaca itu harus disebarluaskan agar menjadi budaya bangsa.

Percaya, semakin banyak membaca, semakin luas pengetahuan kita. Apalagi, buku adalah jendela dunia, maka dengannya kita bisa membuka luasnya cakrawala pengetahuan di seluruh penjuru dunia.

3. Memperhatikan
Orang-orang sekitar, gedung, pepohonan, desain interior, atau benda-benda di sekitar kita, jika di perhatikan pasti ada hal baru yang bisa kita temukan. Karakter orang pasti bermacam-macam, kita bisa memperhatikan sikap atau karakter mereka. Temukan hal-hal unik dan baru dari setiap kesempatan.

4. Mengobrol
Interaksi dengan orang lain, akan menambah kepekaan dan empati kita terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Dengan bertukar pikiran, kita bisa meluaskan jaringan, menambah persaudaraan, juga pengetahuan.

5. Tidur
Manfaatkan waktu yang dapat untuk istirahat, karena kesibukan yang biasanya sudah menyita tenaga dan waktu. Apa salahnya memanfaatkan kesempatan untuk tuk mengisi ulang tenaga selagi ada kesempatan?

Tapi jika ini pilihan Anda ketika harus menunggu, Pastikan Anda tidur dalam keadaan tetap waspada. Keamanan barang pribadi tetap perlu dijaga di tempat umum. Apalagi jika mendadak nama Anda dipanggil, tidak lucu kan jika ternyata masih ada sisa kotoran di sudut mata?

Dengan beberapa kegiatan tersebut, menunggu bisa jadi lebih menyenangkan dana bermanfaat.
Baik, selamat menunggu dan memanfaatkan waktu.

#OneDayOnePost
#NonFiksi
#Saturday

4 komentar:

  1. Saya pilih tidurπŸ˜ͺ apalagi klo nunggunya harian πŸ˜₯

    BalasHapus
  2. Aku pengen marah2 kalau lagi nunggu 😣😣

    BalasHapus
  3. Wah... Aku udah lama nggak mampir sini..πŸ˜ƒ aku pernah melakukan kelima hal tersebut waktu menunggu...

    BalasHapus

Yang Terbaik

Edited by canva "Iya Ki, insya Allah kamu dapat yang terbaik."