Sabtu, 07 April 2018

Jangan Biarkan Mereka Telanjang

Bagi pecinta buku, tumpukan kertas dengan desain sampul dan isi yang beragam adalah harta, investasi, sekaligus teman yang tak pernah menjemukan. Buku adalah sumber pengetahuan, sekaligus jendela yang menawarkan luasnya cakrawala dunia.
Buku adalah sebaik-baik teman duduk. Dibawa kemanapun, tak pernah protes. Diperlakukan seburuk apapun, tak pernah marah. Ia bahkan lebih suka menawarkan pelipur duka, obat hati, sekaligus penenang yang tak ada di apotek manapun. Tulisan dalam buku juga bisa membawa pembacanya pada fantasi, atau peluang menguasai materi.

Sebaik-baik teman adalah buku. Ia selalu mampu menawarkan solusi, mencegah hati untuk berbuat buruk pada dirinya sendiri, sekaligus menuntun langkah menuju tangga tertinggi.

Buku, adalah harta yang bisa dibawa mati, karena pengetahuan yang terpatri menjadi amal dan bekal menuju akhirat nanti. Buku, adalah warisan yang abadi. Jika dirinya tak mampu mewariskan materi, setidaknya jemari kita bisa berkarya merangkai kata, menorehkan pesan untuk anak cucu nanti.

Kita mencintai buku, sebagai benda yang berharga untuk hari ini dan nanti. Lalu apa yang sudah kita lakukan untuk menjaganya?

Alangkah tega, jika kita biarkan mereka tak terawat dan berserakan seolah tanpa arti. Alangkah menyedihkan, jika kita biarkan mereka telanjang tanpa malu berpajang.

Bukankah mereka punya hak untuk terawat dan menjadi warisan hingga kita tinggalkan dunia ini? Air bisa saja jatuh ke tempat mereka berada. Membiarkannya basah, lalu rusak. Ngengat atau rayap bisa kapan saja menyapa mereka, lalu menjadikan santapan makan siang malam.

Aduh, kasihan. Jika demikian, benarkah kita sudah bijaksana mencintai mereka?

Ayolah, luangkan waktu sejenak. Korbankan sedikit tenaga dan isi dompet, toh harga sampul tidak terlalu mahal. Selembar sepuluh ribuan masih sisa untuk membeli segulung plastik sampul. Satu gulung itu, bisa untuk 15-20 buku, tergantung ukurannya. Lalu sediakan gunting dan selotip kecil untuk menahan agar sampul tak mudah bergeser atau lepas begitu saja.

Mudah, bukan? Yuk, kita jaga benda-benda berharga kita. Jangan biarkan mereka telanjang.


#OneDayOnePost
#NonFiksi
#Booklovers
#Saturday

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Impian

Tak perlu besar, yang penting cukup untuk menampung keluarga inti dan tamu yang datang berkunjung. Entah itu saudara, sahabat, atau...